Jumat, 14 November 2008

I Remember…


Posting tulisan ini, sambil teringat lagunya Mocca – I remember. Sungguh ajaib, apa yang bisa direkam oleh (pinjem istilah Hercule Poirot) sel-sel kelabu yang ada di dalam kepala kita. Gimana sel-sel kelabu tersebut bisa menyimpan memori dengan detil. Gimana satu kepala dengan kepala yang lainnya, merekam dengan angle yang berbeda.
Ini cerita, saat gw iseng, mengirim SMS kepada seorang temen lama. Temen lama banget (wave Aam). Lalu bertukar ID YM, email dan bertukar kisah. Dan gw takjub banget ketika secara detil, dia mampu merekam beberapa penggalan adegan, di kehidupan masa kecil gw. Dia juga mampu menginterpretasikan sifat gw secara lengkap. Hua…
Waktu emang cepet sekali berlalu. Gw masih inget. Dulu, waktu gw SD. Gw selalu lewat jalan yang sama menuju rumah. Jalan pintas yang penuh dengan pohon2 rindang, di kawasan Pontianak Selatan. Saat itu, pengalaman gw pulang sendirian dr sekolah, sebagai anak pindahan dari Bandung. Gw inget situasinya, perasaan gw saat itu, bahkan bau lembab tanah, di bawah pohon2 yang gw lewati.
Gw juga inget khayalan gw saat itu. Gw pengen banget SMA, hehehe. Karena, gw melewati rumah anak SMA, yang sering rame dengan temen2nya. Ketawa2. Kayaknya seneng banget, dan hip banget mereka di mata gw. Bahkan, suatu waktu gw menemukan buku diary Genk cewek anak SMA itu. Kayaknya dibuang deh. Gw baca percakapan di diary genk tersebut. Dari bahasan pacar, pelajaran, temen, sampe film. Duh, gw sampe ngga sabar pengen SMA. Dodol kan?
Leavy enam tahun, ngga nyangka bahwa setelah besar, dia bakal nemuin kehidupan yang sebenarnya. Petualangan dan masalah yang nyata. Bukan hanya masalah kehilangan arah, saat piknik dengan bekal nasi rendang, di kebun rambutan orang belakang rumah. Tapi belantara hidup yang sesungguhnya.
Masih seputar perbincangan gw dengan temen gw itu. Gw seperti disadarkan akan satu hal. Jangan pernah meremehkan atau bahkan menyesali penggalan kehidupan yang udah berlalu. Trus, potongan adegan dlm kehidupan kita, bukan mustahil berpengaruh pada kehidupan orang lain. Sama kayak anak2 SMA itu. Mereka ngga nyadar, mereka udah menjadi inspirasi buat gw, hingga gw gede.
Gw juga teringat, curhat seorang temen. Yang kemudian berterima kasih banget ke gw, karena suatu tindakan gw ke dia. Ini jaman gw kuliah. Temen gw ini, bukan termasuk orang yang populer di kampus. Pinter, tapi Ndeso banget. Temen2 bahkan nyaris suka lupa keberadaannya. Hingga suatu saat, gw satu kelompok praktikum ama dia. Dan gw mampir ke rumahnya –rumah bibinya, tepatnya- dan minta ajarin mata kuliah itu.
Dia bengong di depan pintu rumahnya. Lalu, kita jadi temenan. Bahkan dia curhat, bingung soal beasiswa atau ikatan dinas mana yang mau dia ambil usai kuliah. Gw jujur aja, ngga tahu mana yang baik menurut gw. Lalu gw anjurin brosing di internet, dan cari yang bener2 pas menurut dia, dan masa depan dia.
Lalu, ada satu tawaran yang menarik buat dia. Jujur, menurut gw ikatan dines itu cukup menantang, tapi dia harus pindah ke kota lain, dan dia ragu. “Hey, kamu ngga akan tahu susahnya kalo belon nyoba kan? Kita ngga akan tahu apa yang dipersimpangan, tapi kalo pun jatoh, setidaknya kita ngga akan lewat jalan yang sama,” kata gw sok bijak.
Gw udah lupa perkataan ini. Sampai, sebuah email datang. Isinya testimoni dari seorang bapak-bapak. Gw pangling banget tampangnya, dan ternyata dia temen lama gw. Udah berkeluarga, punya anak lucu, dan cukup sukses di karir. Dan dia inget setiap perkataan gw itu. Yang gw sendiri lupa.
Dia bilang, kaget gw mau berteman sm dia dulu. Walau mungkin gw ngga anggep itu pertemanan. Tapi dia seneng bisa kenal gw. Gw malu. Jujur, gw hanya sepintas lalu berteman ama dia. Ngga niat apa2 sih. Cuma iseng gw aja, dan gw butuh temen yang ngajarin gw mata kuliah itu. Gw gengsi belajar ama yang laen, lantaran stigma gw dulu yang tomboy, cuek, pelupa, dan ngga pinter2 amat. Gw tahu, temen2 ngga pernah menjadikan gw ‘ancaman’ dalam belajar. Krn gw biasa banget.
Klo pas pengumuman ujian. Nilai gw ngga pernah ditanya2 atau diliat2 temen2 laen. Jadi pas IP gw lumayan, semua pada mengerutkan kening. “Leavy? Segitu, tinggi juga ya,” tukas mereka. Tapi dasar gw ngga peduli akan eksistensi gw di kampus, hal ini ngga ngaruh di kehidupan sosial gw. Sabodo teuing! Hihihihi, belakangan gw nyadar, sikap apatis gw ini ngga bener juga.
Gw bahagia aja. Ternyata keberadaan gw di dunia ini bisa berarti buat seseorang. Ternyata hidup gw ngga hanya nyampah. Ternyata gw patut lebih banyak bersyukur. Bersyukur, gw udah lewati banyak fase di hidup gw. Punya keluarga yang mendukung gw, punya temen2 yang sayang gw, punya kerjaan yang gw suka, dan punya Panda. Finally…Amien!

2 komentar:

Asep Haryono mengatakan...

Vie. Pa Kabar. Kemarin saya cuba buat bloG iseng iseng sekaligus mempelajari gimana merubah tampilan BLOG menjadi menarik. Dan ternyata sudah bisa dengan menggunakan fitur fitur blog template XMS skin gitu deh. Asyik juga sih. Tertarik?

birulangit mengatakan...

wah, mau banget sep.ajarin dong..